Usus Buntu

usus buntuApendix disebut juga dengan umbai usus buntu. Wujudnya berupa pipa kecil yang panjangnya kira-kira 4 inci (10 cm), terletak di ujung usus buntu atau di bagia pertama dari usus besa. Pipa kecil ini mungkin mengalami peradangan karena kotoran yang mengras atau terjadi pembentukan batu di dalamnya. Peradangan usus buntu ini terjadi juga karena penumupukan kotoran-kotoran atau sisa-sisa makanan di dalam usus besar. Fungsi usus buntu hampir sama dnegan fungsit tonsil yakni menstimulasi mekanisme pertahanan tubuh terhadapa serangan berbagai kuman.

Usus buntu menyebabkan rasa yang sangat nyeri di perut, biasanya di sebelah kanan. Jika peradangan semakin berat, umbai usus buntu itu dapat pecah dan menyebabkan isi usus menyebar ke seluruh perut bagian bawah. Kejadian ini disebut dengan radang selaput perut. Biasanya jalan terakhir untuk menangani usus buntu adalah dengan mengoperasinya.

Usus buntu merupakan suatu kantung yang terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon yang naik dari usus besar. Pada awalnya organ ini dianggap sebagai organ yang tidak memiliki fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi usus buntu adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) yang memiliki kelenjar limfoid.

Usus buntu sering terjadi pada mereka yang memiliki pola makan yang tidak sehat dan teratur. Mereka yang berisiko terkena usus buntu berkisar usia 8-25 tahun. Usus buntu terjadi ketika usus kecil yang berbentuk jari melekat pada usus besar di sebelah kanan rongga perut bagian bawah.

Usus buntu memang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Umumnya mereka yang mengalami usus buntu memutuskan untuk melakukan operasi pembedahan pengangkatan usus buntu. Namun bagi mereka yang memiliki risiko dari usus buntu dapat mengetahui gejala dari usus buntu itu sendiri agar dapat menentukan pengobatan yang baik untuk mengatasi usus buntu.

Berikut gejala yang lazim terjadi pada usus buntu, diantaranya adalah :

1. Timbul rasa nyeri di bagian perut

Rasa nyeri ini sering dirasakan di bagian perut kanan bawah. Ketikan perut merasakan nyeri, membuat seorang penderita tidak mampun untuk melakukan aktivitas apalagi untuk berjalan. Nyeri yang dirasakan di perut dapat berlangsung hingga berjam-jam.

2. Rasa mual ingin muntah hingga kehilangan selera makan

Mereka yang menderita usus buntu umumnya hampir sama dengan sakit maag atau sakit lambung pada umumnya. Perut terasa mual ingin muntah hingga menghilangkan nafsu makan. Rasa mual ini terkadang disertai rasa sakit pada perut hingga menarik rongga perut.

3. Beberapa diantaranya mengalami kesulitan bernapas

Ketika bernapas dan melepaskan tekanan udara dari perut. Perut terasa sakit seperti tertahan. Bahkan dengan cara paksa harus dilakukan yakni dengan membuang gas (kentut) untuk melepaskan tekanan di dalam perut.


=====================================

>>> Xamthone Plus - Obat Usus Buntu Untuk Membantu Mengobati Usus Buntu Secara Herbal dan Alami Serta Menjaga Fungsi Usus Dengan Baik, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Usus Buntu and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>