Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu dapat memberikan gejala komplit, tapi kadang-kadang yang muncul hanya satu gejala saja. Gejala komplit biasanya adalah rasa sakit pada perut kanan bawah. rasa sakit ini kadang-kadang dapat menjalar ke bawah hingga daerah kemaluan pada pria. bahkan penderita saat itu tidak dapat berjalan karena sakitnya, sehingga untuk mengatasi usus itu dari pecah, perlu operasi segera.

Penyakit Usus Buntu

Penyakit Usus Buntu

Penyakit Usus Buntu

Selain itu suhu badan akan meninggi atau penderita akan merasa mual sampai menusuk. Rasa sakit ini disebabkan rangsangan usus buntu yang meradang pada selaput lendir perut. Berat ringannya gejala di atas tergantung pada kepekaan penderita atas rangsangan tersebut.

Namun tidak jarang pula rangsangan yang terjadi pada usus buntu hanya satu atau dua kasus saja. Mungkin rangsangan itu hanya gejala mual yang dapat disertai oleh muntah dengan suhu tubuh sedikit menaik. Ketika terjadi peradangan usus buntu, waktu itulah timbul gejala sakit dan panas. Namun kelainan orang dengan benda-benda yang terdapat di susu buntu itu, masih dapat mengatasinya. Karena daya tahan tubuh waktu itu sangat baik. Penyakit usus buntu biasanya ditandai dengan rasa sakit pada perut bagian bawah. namun tidak selalu rasa sakit itu berlangsung terus-menerus. Jika dibiarkan akan menjadi radang usus buntu akut.

Adakalanya rasa sakit itu tidak jelas, sehingga penderita merasa seperti tidak ada apa-apa dengan usus buntunya. Namun saat lelah sedang berisitirahat mulai terasa sakit. Keadaan ini yang ditandai oleh suhu menahun. Perasaan tertusuk-tusuk pada penderita usus buntu mungkin sekali merupakan permulaan perdangan yang dibiarkan akan bisa berakibat kurang bagi ke seantero penderita. Meski biaya operasi cukup tinggi namun lebih murah dari sistem lainnya, apalagi bila penyakit usus buntuk ini hampir pecah dengan membuka rongga perut.

Penyakit usus buntu sendiri berperan sebagai organ imunologik serta dengan aktif bertindak didalam sekresi immunoglobulin (satu kekebalan tubuh) di mana memiliki/berisi kelenjar limfoid. Peradangan usus buntu ini mengakibatkan aliran cairan limfe serta darah tidak prima pada usus buntu akibat ada tekanan, selanjutnya usus buntu alami rusaknya serta berlangsung pembusukan (gangren) dikarenakan telah tidak memperoleh makanan lagi. Penyakit radang usus buntu dapat menyerang siapapun dimulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Gejala Usus Buntu

Biasanya, awal gejala yang muncul adalah rasa nyeri di sekitar pusat yang menyebar ke perut bawah sebelah kanan. Sakit usus buntu biasanya meningkat selama periode 12 sampai 18 jam dan akhirnya menjadi sangat parah. Penyakit usus buntu disebabkan oleh menipiskanya dinding usus buntu sebagai akibat dari pengaruh angin atau gas yang masuk ke dalam usus. Angin atau gas ini seharusnya keluar menjadi kentut, tetapi tidak keluar karena ditahan – tahan.

Dengan demikian, angin atau gas kembali ke dalam usus besar dengan kemungkinan sangat kecil untuk dapat keluar. Dengan demikian, usus buntu terjadi karena usus buntu kemasukan gas atau angin dari pembusukan dan bukan  oleh masuknya biji-bijian ke dalam usus buntu walaupun bentuk kotorannya seperti biji-bijian.

Gejala penyakit usus buntu yang biasanya terjadi adalah ditandai dengan penyakit diare. Rasa sakit yang parah biasanya akan berbarengan dengan adanya sakit diare. Selain itu juga kotoran yang keluar biasanya juga akan mengandung lendir. Jika hal ini terjadi dan Anda alami, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Gejala usus buntu yang lainnya adalah perut kembung dan sering kentut. Perut kembung dan juga sering buang gas merupakan salah satu hal yang memang tidak dianggap berbahaya. Namun jika hal ini disertai dengan rasa sakit pada bagian perut bawah, maka segeralah lakukan pemeriksaan atau konsultasi ke dokter.

Pemeriksaan Usus Buntu

Pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit usus buntu adalah pemeriksaan dengan melakukan anamnase yang ditambah dengan suatu pemeriksaan lab dan disertai dengan pemeriksaan penunjang yang lain. Gejala dari penyakit usus buntu ini adalah ditegakkan dengan anamnase, yang paling penting adalah 4 hal dibawah ini :

  1. Nyeri yang awalnya terasa pada bagian epigastrium atau nyeri secara viseral yang kemudian beberapa waktu menjalar menuju ke perut kanan paling bawah
  2. Muntah yang terjadi akibat rasa nyeri viseral tadi
  3. Panas atau demam akibat kuman yang menetap di dalam dinding usus
  4. Gejala lainnya adalah badan terasa lemah, nafsu makan yang menurun, penderita terlihat sakit, dan menghindari adanya suatu gerakan, akan terasa sakit pada bagian perut.

Pemeriksaan yang lain dilakukan adalah pemeriksaan lokalisasi. Jika sudah terjadi suatu perforasi, maka nyeri yang akan terjadi pada seluruh bagian perut, namun paling terasa biasanya akan terjadi pada bagian titik Mc. Burney. Jika memang sudah infiltrat, lokal dari infeksi yang juga terjadi jika seseorang bisa menahan rasa sakit, dan pada akhirnya akan merasakan seperti ada suatu tumor pada titik Mc. Burney.

Pembedahan yang dilakukan pada penyakit usus buntu dilakukan disaat diagnosis berhasil ditegakkan. Pemakaian dari antibiotik dan juga cairan IV biasanya akan diberikan sampai proses pembedahan selesai dilakukan. Pemberian obat usus buntu dalam bentuk analgesik akan diberikan setelah proses diagnosa berhasil ditegakkan.

Penyakit Usus Buntu


=====================================

>>> Xamthone Plus - Obat Usus Buntu Untuk Membantu Mengobati Usus Buntu Secara Herbal dan Alami Serta Menjaga Fungsi Usus Dengan Baik, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Usus Buntu and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>